Pemasaran Internet atau Internet Marketing secara umum adalah
segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa
melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam
e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran
yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan
cyber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak
istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-mail, e-business,
e-gov, e-society, e- commerce dll.
Kegiatan
pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan
penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau
e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web
design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin
pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan
lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing),
advertensi interaktif (interactive advertising), dll.
Kesuksesan dalam internet marketing tergantung bebebrapa
faktor, yaitu:
·
Promosi online: Sebelum melakukan promosi online, alangkah
baiknya kita mengidentifikasi diri kita sendiri. Untuk mengetahui sampai dimana
kelebihan dan kekurangan kita, supaya kita bisa memperbaiki kelemahan kita
menjadi kelebihan agar nantinya pada saat kita masuk ke dunia internet marketing
kita bisa berhasil. dan Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan
banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet.
·
Isi: Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa
menikmatinya. Berikan hal-hal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif,
misalnya berikan fasilitas forum, survei atau hal lain yang sifatnya menarik
pengunjung.
·
Desain web: Sebuah web harus kelihatan menarik. Selain itu
harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Materi yang ada dalam web
sebaiknya tidak membingungkan, navigasinya jelas dan prosedurnya tidak
berbelit-berbelit. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan,
karena hal ini akan sangat berpengaruh. Jika sebuah web mempunyai waktu loading
yang lama, maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan
meninggalkan web kita. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan
yang webnya diakses. Namun sebaliknya, jika proses loading cepat, maka
pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik
dan tidak membosankan.
Tipe – Tipe Dalam Mempromosikan Internet Marketing yang bisa
digunakan, Yaitu:
·
Banner Advertisement (Iklan Melalui Banner).
Merupakan file grafis (biasanya berukuran 468 x
60 pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan
untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus
disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.
·
Sponsorship.
Kita bisa melakukan kegiatan tersebut untuk
memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.
·
Classified Listings (Daftar Produk Terklasifikasi).
Klasifikasi online merupakan cara yang sangat
baik memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk
anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user
dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks
dalam basis data.
·
E-mail Marketing (Pemasaran Melalui E-mail).
E-mail marketing dapat dilakukan dengan 3 cara,
yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email
newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari
perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara
dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung
mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran
biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang
ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan
keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan
menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs
melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda
melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka
pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda
update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
·
Partnership / Affiliate Marketing (Pemasaran Metode
Afiliasi).
Para pengiklan yang menjual produknya secara
online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam
penjualan produk.
·
Search Engine Marketing (Pemasaran Menggunakan Mesin Pencari).
Banyak pengguna internet mencari informasi
melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Oleh karena itu, jika
perusahaan anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang,
cara paling dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar
dan terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk
memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari
terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar
website anda terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search
Engine Optimization.
·
Social Networking (Pemasaran Menggunakan Situs Jejaring
Sosial).
Beberapa situs social networking seperti
Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, Youtobe, dan MeetUp dapat
anda gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Menggunakan situs jejaring sosial
merupakan cara efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan
komunikasi anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan
kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar.
Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena
hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi anda.
Title :
INTERNET MARKETING
Description : Pemasaran Internet atau Internet Marketing secara umum adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau ja...
Rating :
5